Leadersip Nelson Mandela


Presiden Afrika Selatan lebih sering mengenakan baju batik di pentas Internasional meski bukan berkebangsaan Indonesia, Mengapa demikian ?


Siapa yang tidak kenal dengan tokoh pejuang anti apartheid dari Afrika Selatan, yang lebih sering mengenakan baju batik di pentas Internasional meski bukan berkebangsaan Indonesia, hal tersebut adalah wujud ungkapan terimakasihnya kepada Indonesia yang telah memberi support terhadap perjuangannya. Seorang pribadi yang kharismatik dan penuh wibawa yang masih saja anggun dan bijaksana walaupun beliau sudah dipenjara oleh lawan politiknya sampai 27 tahun. Seorang aktivis yang harus memperjuangkan persamaan hak antara warga kulit hitam dan kulit putih. Karena saat itu kondisi kesenjangan sosial kemasyarakatan, dan pendidikan antara kedua belah pihak sungguh memprihatinkan. Segala sesuatunya hanya boleh dikuasai oleh warga kulit putih, bahkan sampai warga kulit hitam tidak diperbolehkan untuk mengenyam pendidikan, padahal kita tahu di Afrika Selatan mayoritas penduduknya berkulit hitam. Karena hal itulah yang membuat hati kecil Nelson Mandela berontak dan harus bertekad melawan ketidak adilan tersebut. Walaupun harus mengalami penderitaan yang tidak sebentar.

Nelson Mandela dinobatkan menjadi presiden Afrika Selatan pada tahun 1992, dengan cara demokratis. hasil dari keteguhan usahanya untuk menegakan keadilan di tanah Afrika. Semoga kita semua bisa mengambil hikmah dari tokoh pemimpin seperti beliau ya? . 
Setiap kita adalah pemimpin di muka bumi seperti yang dikatakan dalam hadits

عَنِ ابْنِ عُمَرَ عَنِ النَّبِىِّ – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – أَنَّهُ قَالَ « أَلاَ كُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ فَالأَمِيرُ الَّذِى عَلَى النَّاسِ رَاعٍ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ وَالرَّجُلُ رَاعٍ عَلَى أَهْلِ بَيْتِهِ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْهُمْ وَالْمَرْأَةُ رَاعِيَةٌ عَلَى بَيْتِ بَعْلِهَا وَوَلَدِهِ وَهِىَ مَسْئُولَةٌ عَنْهُمْ وَالْعَبْدُ رَاعٍ عَلَى مَالِ سَيِّدِهِ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْهُ أَلاَ فَكُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ »(رَوَاهُ مُسْلِمٌ) 

Artinya: Dari Ibnu Umar RA dari Nabi SAW sesunggguhnya bersabda: sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: setiap orang adalah pemimpin dan akan diminta pertanggungjawaban atas kepemimpinannnya. Seorang kepala negara adalah pemimpin atas rakyatnya dan akan diminta pertanggungjawaban perihal rakyat yang dipimpinnya. Seorang suami adalah pemimpin atas anggota keluarganya dan akan ditanya perihal keluarga yang dipimpinnya. Seorang isteri adalah pemimpin atas rumah tangga dan anak-anaknya dan akan ditanya perihal tanggungjawabnya. Seorang pembantu rumah tangga adalah bertugas memelihara barang milik majikannya dan akan ditanya atas pertanggung jawabannya. Dan kamu sekalian pemimpin dan akan ditanya atas pertanggungjawabannya (HR. Muslim).
Semoga bermanfaat 🙂
https://semarngwaloeyo.wordpress.com/2013/07/30/kisah-perjuangan-nelson-mandela/
#tentangleadership #pondokpreneur#tokoh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *